Beberapa Tips Jaga Makanan Sehat Untuk Anak

Anak-anak, terutama balita, akan sangat rentan terkena penyakit yang disebabkan oleh makanan yang tidak higienis. Oleh karena itu, kita sebagai ibu, seharusnya bisa mengontrol makanan apa saja yang masuk ke dalam mulutnya. Terutama kalau anak kita biasanya diasuh oleh orang lain ya, Ladies, kita harus lebih strict lagi menjaga pola makannya. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga makanannya agar tetap sehat, seperti yang dilangsir oleh laman kidshealth.org.
Kontrol Makanan Apa Saja yang Akan Anda Stok

Sebagai orang tua, kita harus bijak menentukan makanan yang mana saja yang akan kita stok di rumah untuk anak-anak. Anda juga bisa mengatur kapan makanan sehat tersebut akan disajikan untuk anak-anak. Walaupun anak-anak akan lebih menyukai makanan yang cenderung memiliki nutrisi yang sedikit, kita bisa mengontrol makanannya melalui stok yang ada di rumah. Yang pasti, mereka tidak akan bisa menahan rasa lapar terlalu lama. Nah, dengan begitu, mereka mau tidak mau, akan memakan makanan yang tersedia di dalam rumah Anda. Kalau memang mereka menyukai snack tertentu, Anda bisa mengijinkan mereka sesekali untuk memakannya agar mereka tidak bosan dengan menu yang ada.

Atur Jadwal Menu Mereka
Ladies, dari makanan yang Anda sajikan di rumah, anak-anak akan memilih yang mana saja yang mereka sukai. Jangan lupa juga sediakan waktu khusus untuk mereka dimana mereka bisa makan snack yang mereka sukai, seminggu sekali atau dua kali misalnya. Jadi, akan tetap ada selingan untuk menu hariannya.

Nah, dari menu makanan yang Anda tawarkan di rumah, biarkan anak-anak memilih apa yang mereka sukai, dan seberapa banyak yang mereka inginkan. Nah, dengan begitu mereka akan merasa bebas memilih makanan yang ada, tentunya sesuai dengan jadwal menu bernutrisi yang sudah Anda rancang setiap harinya.

Jangan Paksa Anak Untuk Menghabiskan Makanan
Biarkan anak-anak berhenti makan kalau memang mereka sudah merasa kenyang. Banyak dari kita yang mengharuskan anak-anak menghabiskan makanan sementara mereka sudah sangat kenyang. Padahal cara seperti ini tidak akan membuat anak-anak mendengarkan tubuh mereka sendiri ketika mereka sudah kenyang. Berbeda halnya kalau mereka bisa merasakan kenyang, mereka tidak akan makan berlebihan.

Biasakan Pola Makan Sejak Dini
Preference terhadap makanan ini berkembang sejak dini, jadi biasakan pola makan anak-anak ini setiap harinya sejak mereka balita. Bahkan, dikatakan bahwa kesukaan atau ketidaksukaan terhadap makanan ini berkembang sejak mereka bayi.
Untuk itu, mungkin Anda harus menyajikan variasi makanan yang baru dalam kesempatan yang berbeda sehingga perlahan mereka bisa menyukainya. Yang terpenting, jangan pernah memaksa anak untuk makan, namun tawarkan sesuatu yang berbeda yang membuat mereka ingin mencobanya.

Comments