Mengapa Kuku Bayi Lekas Sekali Panjang

Kuku bayi lebih lekas panjang dibanding orang dewasa. Bisa seminggu dua kali kita para Ibu memotongnya. Ini berarti tahap perkembangan bayi Ibu cukup baik.

Bosan sekali Dini (27) memotongi kuku bayinya Dira. Sepertinya, kok saban hari kukunya itu panjang. Baru saja dipotong kemarin, eh sudah nongol lagi, nongol lagi. Lama-lama Dini kesel juga. Maunya sih gak dipotong, tapi Dini kuatir kuku-kuku itu mencakar, melukai wajah si ndut Dira.

Kuku, Paling Aktif
Ibu tidak bisa menganggap remeh urusan kuku si kecil.  Kuku bayi, walaupun tampak lunak dan tipis, ternyata sangat tajam dan cepat sekali tumbuhnya. Anggota tubuh paling ujung ini merupakan tambahan dari kulit dan terdiri atas lempeng tanduk yang bertugas melindungi ujung-ujung jari. Kuku terbentuk dari keratin yang mengandung asam amino. “Sebagaimana halnya rambut,” ujar dr. Jacob Pariunan, Sp.A dari RS Omni Internasional.

Posisi kuku ada di ujung tubuh sehingga pertumbuhannya terlihat sangat aktif dibanding anggota tubuh lainnya. Kuku tumbuh dengan arah ke depan, mulai dari kandungan kuku melalui ujung jari. Kecepatan pertumbuhan rata-rata pada orang dewasa
kurang lebih seperdelapan inci perbulan. Sedangkan pada bayi hitungannya bukan per bulan melainkan hari. Sampai saat ini belum ada penelitian yang mengungkapkan berapa kecepatan pertumbuhan kuku bayi.

Kuku bayi dan anak-anak tumbuh lebih cepat daripada orang dewasa. Sebab mereka sedang aktif-aktifnya dipengaruhi hormon pertumbuhan. Kuku jari tengah tumbuh paling cepat, sedangkan kuku jari jempol tumbuhnya paling lambat.Dibandingkan dengan tangan kuku jari kaki tumbuh lebih lambat namun lebih tebal dan keras.

Potong Secara Berkala
Karena lebih lekas memanjang, kuku bayi harus lebih seirng dipotong. Kalau tidak, kuku-kuku itu akan melukai wajah dan bagian tubuh lain si bayi. Umumnya, kuku bayi akan memanjang lagi setiap dua hari sekali. Jadi, Ibu gunting saja kuku bayi pada saat itu. Tapi, hati-hati ya Bu memotong kuku bayi perlu trik khusus. Sebab, bayi akan meronta-ronta menolak kukunya dipotong yang akibatnya bisa membahayakan.

Memotong kuku bayi lebih baik dilakukan saat si kecil sedang tertidur lelap atau sedang disusui. Tujuannya, agar perhatian si kecil teralihkan sehingga Ibu mudah memotong kukunya. Selain itu, potonglah kuku bayi sesaat setelah ia mandi. Kuku menajdi lebih lunak sehingga mudah dipotong setelah terkena air.

Comments