Cermat Konsumsi Ikan Demi Kesehatan Kehamilan

Kandungan nutrisi dalam ikan punya banyak manfaat bagi tahap perkembangan bayi. Tapi demi kesehatan kehamilan dan janin Ibu, waspadai bahaya merkuri dari konsumsi ikan.
Kandungan nutrisi dalam ikan membuatnya menjadi bahan makanan yang disarankan untuk kesehatan. Ikan tak hanya tinggi protein tapi juga kaya akan asam linoleat. Lemak sehat ini setelah diproses tubuh akan menghasilkan Omega 3 yang beberapa manfaatnya di antaranya adalah mencegah penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah dan mencegah penyakit jantung. Ikan juga mengandung DHA  yang penting bagi perkembangan otak dan tahap perkembangan bayi.
Segala manfaat kesehatan itulah yang mendorong Marsha (33 tahun) untuk meningkatkan konsumsi ikan selama kehamilannya. Tapi, Marsha juga mendengar kabar mengenai bahaya merkuri dalam ikan laut bagi kesehatan kehamilan. Lalu, mana yang lebih baik? Mengejar nutrisi ikan demi mengoptimalkan perkembangan otak janin atau menghentikan konsumsi ikan demi menghindari bahaya merkuri bagi kehamilan?
Food and Drug Administration dari Amerika Serikat telah merilis panduan konsumsi ikan yang aman bagi ibu hamil dan menyusui. Menurut pedoman tersebut, ibu hamil bisa mengonsumsi ikan dengan kandungan merkuri rendah sebanyak sekitar 8-12 ons atau sekitar 2-3 porsi per minggu. Sedangkan menurut Natural Resources Defense Council Amerika Serikat, ikan yang mengandung kadar merkuri paling rendah adalah ikan salmon, ikan nila, ikan lele, udang, ikan teri, dan ikan makerel. Sebaliknya, hindari ikan dengan kadar merkuri tertinggi, yaitu ikan makarel raja, ikan marlin, ikan todak, tilefish, dan ikan hiu.
Bahaya merkuri pada tahap perkembangan bayi  di antaranya adalah mengganggu perkembangan saraf janin, mengganggu kemampuan kognitif, perhatian, memori, bahasa, hingga kemampuan motorik halus dan visual spasial anak. Apalagi, sistem saraf janin dalam kandungan Ibu tentu lebih rentan dibandingkan sistem saraf orang dewasa dalam menghadapi paparan merkuri.
Merkuri tak hanya berbahaya bagi janin dalam kandungan Ibu saja. Keracunan merkuri bisa menyebabkan penurunan kemampuan visual, bicara, mendengar, dan berjalan, serta mengakibatkan kelemahan otot. Indera perasa Ibu, seperti di area tangan, kaki, serta mulut, juga bisa terganggu.
Karena itulah, Ibu harus cermat memilih ikan yang dikonsumsi selama kehamilan, ya. Tapi, walaupun konsumsi ikan laut dibatasi, bukan berarti Ibu membatasi asupan Omega 3 dan DHA, lho. Kedua nutrisi sehat tersebut bisa Ibu dapatkan pula dari telur, algae, dan makanan lainnya. Ibu pun bisa mencukupi kebutuhan asupan nutrisi tanpa harus mengorbankan kesehatan dan kehamilan Ibu.

Comments