Bercak putih di Lidah Anak Bayi, Kenapa?

Awalnya Rona tidak menganggap serius warna putih di lidah buah hatinya, Naila (2 tahun). Maklum, sejak berhenti ASI, si kecil cukup mudah minum susu formulanya. Karenanya dalam pandangan Rona, putih-putih di lidah Naila  hanyalah sisa cairan susu formula tersebut.

Namun Rona mulai curiga ketika bercak putih tersebut kemudian tak jua hilang, malah makin menyebar ke sekitar bibirnya. Tak hanya itu, selera makan si kecil ikut kena imbasnya. Dia kerap merapatkan mulutnya saat disuapi. Tak ingin mengambil risiko terhadap kesehatan sang buah hati,  sang bunda akhirnya membawanya ke dokter.

Ya, orangtua memang mesti waspada bila melihat adanya bercak putih di lidah dan di sekitar rongga mulut anak. “Pembiaran bisa menyebabkan bercak putih tersebut semakin parah dan menyebar ke organ lain. Bisa ke paru-paru atau ke saluran pencernaan. Bahkan pada anak dengan defisiensi imun (HIV), gangguan ini bisa menyebar ke otak,” jelas  dr. Hingky Hindra Irawan Satari,  Sp. A(K) dari  Divisi Infeksi dan Pediatri Tropis, FKUI-RSCM.

Beragam Penyebabnya
Seperti halnya demam, bercak putih yang ada di lidah anak bukan penyakit, melainkan gejala suatu penyakit. Penyebabnya pun beragam, bisa karena jamur, bakteri, virus, atau alergi.
Pada kasus demam scarlet (scarlet fever)  misalnya. Ini merupakan penyakit akibat serangan bakteri streptokokus. Tanda pertama pada gangguan ini lidah anak akan berwarna strawberi (strawberry tongue) dan selanjutnya akan muncul  warna rasberi (merah muda diselingi putih).
Ada pula bercak putih di lidah anak yang berbentuk pulau-pulau atau peta (geographic tongue). Awalnya, bagian pulau itu berwarna merah dan lebih licin. Kemudian, daerah berbentuk pulau akan dikelilingi lapisan tebal berwarna putih. Pulau-pulau tersebut muncul terkait dengan alergi yang diderita anak.
Sementara akibat infeksi virus kawasaki juga bisa membuat lidah anak berubah berwarna stroberi dengan dilapisi bercak putih.  Terakhir, benjolan dan selaput berwarna putih yang menutupi lidah juga bisa dipicu oleh hadirnya  jamur Candida.

Ganggu Tumbuh Kembang Anak
Ternyata banyak ya penyebab munculnya warna putih pada lidah anak. Gejala yang dirasakan anak juga cukup bervariasi. Ada yang disertai demam (akibat bakteri dan virus), ada pula yang tak disertai demam (karena jamur atau alergi). Secara kasatmata, orangtua sulit menentukan apa penyebabnya. Secara tampilan, sepintas hanyalah berupa bercak putih.
Itulah mengapa, sambung Hingky, orangtua sebaiknya membawa anak ke dokter terdekat bila ada ‘sesuatu’ di lidah si kecil.  Dokter lah yang  dapat menentukan penyebab secara pasti dan memberi pengobatan yang sesuai. Jangan menunggu sampai gangguan ini berkembang kian parah. Sebab, bisa menyebar ke organ lain. Dan jika  sampai seperti itu, tentu anak lah yang paling menderita.
Tak hanya itu. Umumnya anak yang mengalami gangguan ini juga akan berpengaruh pada selera makannya.  Bisa dimengerti tentu saja. Lidah itu kan indera pengecap. Kalau lidah terganggu (dilapisi bercak putih),  tentu akan mengurangi fungsinya.  Akibatnya selera makan anak akan mengalami gangguan atau anak jadi enggan menghabiskan makanannya. “Anak butuh nutrisi yang seimbang dan mencukupi untuk proses tumbuh kembangnya. Asupan yang kurang  sudah pasti akan mengganggu proses tersebut,” imbuh Hingky.

Comments