Makanan Sehat & Cukup Tidur Dongkrak Prestasi Anak di Sekolah

Ingin anak anda lebih berprestasi di sekolahnya? Jika ya, maka pastikan dia mendapat asupan makanan yang sehat serta tidur yang cukup setiap harinya. Hal ini bukan tanpa alasan, karena para ahli dan peneliti juga mendukung pernyataan tersebut.

Anak yang kurang tidur cenderung memiliki masalah perhatian dan memori

Para peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi makanan sehat secara teratur dan mendapatkan tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan prestasi anak di sekolah. Krista Casazza, Ph.D.,RD, asisten profesor di Departemen Ilmu Gizi menjelaskan bahwa ketika seorang anak pergi ke sekolah tanpa sarapan pagi terlebih dahulu, diketahui fungsi kognitif mereka terpengaruh. Casazza menyarankan bahwa seorang anak harus memulai hari dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat termasuk protein, buah-buahan, dan biji-bijian serta menghindari sereal manis dan makanan lain yang mengandung tinggi gula.

Bila seorang anak perlu makan sesuatu sebelum makan malam, orang tua harus menawarkan pilihan makanan yang sehat seperti yoghurt, buah-buahan dan sayuran atau makanan yang disukai anak seperti keripik panggang. Casazza juga menyarankan anak-anak untuk selalu minum air putih ketimbang minum soda, karena minuman ringan tidak memiliki kandungan gizi.
Kristin Avis, Ph.D., seorang profesor di Department of Pediatrics Division of Pulmonary and Sleep Medicine mengatakan bahwa anak-anak membutuhkan tidur malam yang baik untuk mendukung kinerja dan aktivitas mereka di sekolah secara keseluruhan.
Kurang tidur dapat menyebabkan masalah dengan perhatian dan memori anak di dalam kelas, mempengaruhi kontrol impuls dan pengaturan suasana hati yang dapat menyebabkan kecemasan dan bahkan depresi,” kata Avis.

Avis mengatakan bahwa anak-anak berusia 6-12 tahun harus mendapatkan sembilan jam tidur setiap malam yang seharusnya juga berlaku pada remaja usia 13-18 tahun (umumnya para remaja rata-rata menghabiskan waktu tidur malam sedikit lebih dari tujuh jam per malam). Avis menambahkan bahwa ‘membayar hutang’ tidur di akhir pekan akan membuat keadaan menjadi lebih buruk dan disarankan untuk tidur yang cukup secara konsisten setiap harinya.

Comments