Penyebab Gumoh atau Muntah Pada Bayi

Muntah pada bayi biasa disebut gumoh merupakan hal yang normal bukan suatu hal yang serius. Jarang sekali dan hanya sebagian kecil kasus muntah bayi menjadi gangguan yang serius, asalkan muntah tersebut tidak terus menerus dan tidak dengan frekuensi muntah yang banyak.
Kebanyakan bayi yang mengalami muntah atau gumoh berumur di bawah 4 bulan,minimal 1 kali dalam sehari nya, dan seiring bertambah usianya maka frekuensi muntah dan gumoh akan menurun.

Berikut saya share penyebab gumoh atau muntah pada bayi:

  1. Memberikan ASI atau susu yang berlebihan pada bayi, karena lambung bayi mempunyai kapasitas sendiri,sehingga lembung menjadi penuh dan mengakibatkan muntah.
  2. Posisi  ibu  dalam menyusui. Posisi menyusui sang ibu yang salah bisa juga menjadi penyebab muntah pada bayi.salah satu nya pada posisi miring sambil tiduran,sementara si bayi tidur terlentang. Hal itu menyebabkan tidak masuk nya cairan tersebut ke saluran pencernaan, tapi ke saluran pernafasan.
  3. Penyebab muntah pada bayi lain nya yaitu si bayi yang terlalu kuat menyedot ASI atau susu sehingga tercampur dengan udara.
  4. Bayi yang terlalu aktif. Misalnya si bayi yang terus menerus menangis atau si bayi sering menguliat. Hal ini akan meninggikan tekanan udara yang berada di dalam perut nya, sehingga  udara tersebut keluar bersama ASI atau susu dalam bentuk muntah.
  5. Penyebab muntah pada bayi yang lain nya yaitu stenosis pylorus, ini adalah salah satu penyakit kelainan bedah anak. Para orang tua harus mewaspadai nya walaupun hal ini sangat jarang terjadi. Tanda dari penyakit ini adalah bayi terus menerus muntah dengan kuat sehingga berat badan bayi menurun dengan drastis dan terjadi dehidrasi pada bayi, mata bayi kering, mulut bayi kering, kulit menjadi keriput dan perut yang membengkak.



Comments