Sekilas tentang Cacar Air

Varicella atau yang biasa dikenal dengan cacar air atau Chickenpox merupakan suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh Varicella-zoster virus. Penyakit cacar air umumnya tidak berbahaya jika terkena pada anak-anak, namun penyakit ini sangat menular dari anak yang satu ke anak lainnya. Cara penularan cacar air adalah melalui droplets dan kontak langsung dari lesi penderita. Anak tidak boleh sekolah, karena dapat menyebabkan penularan pada teman-teman di sekolahnya.

Penyakit cacar air hanya akan terkena 1x selama hidup anak, dan juga dapat menularkan pada orang dewasa. Namun penyakit ini bila mengenai orang dewasa gejalanya akan menjadi lebih hebat dan berbahaya.

Penyakit ini dimulai dengan munculnya vesikel pada kulit di daerah badan yang dapat disertai demam ringan atau pun tanpa demam. Munculnya vesikel ini kemudian akan menyebar di badan, muka, dan ekstremitas. Selanjutnya vesikel akan mongering dan setelah itu menghilang. Seringkali munculnya vesikel juga disertai dengan rasa gatal. Vesikel-vesikel muncul ini tidak seragam, sebagian baru muncul dan sebagian lagi sudah mengering.

Pengobatan cacar air adalah dengan obat minum asiklovir jika anak berusia diatas 2 tahun dan obat-obatan untuk mengurangi gejala yang muncul seperti obat demam boleh diberikan bila terdapat demam. Selain itu, anak harus dijaga kebersihannya. Anak harus tetap mandi 2x/hari dengan air bersih atau dapat ditambahkan dengan desinfeksi pada air mandinya. Sebisa mungkin dijaga agar anak tidak menggaruk vesikel-vesikel tersebut agar tidak meninggalkan bekas.

Saat ini vaksinasi untuk penyakit cacar air sudah tersedia. Vaksinasi varicella diberikan sebanyak 1x pada usia 12 bulan keatas. Pada sebagian anak vaksinasi ini berhasil mencegah anak sehingga tidak terinfeksi penyakit cacar air, dan pada sebagian anak lainnya anak tetap tertular namun gejalanya menjadi sangat ringan. Jika anak mengalami cacar air, maka keluarga yang belum pernah menderita cacar air jika berkontak selama kurang dari 72 jam dapat mendapatkan vaksinasi varicella untuk mencegah atau mengurangi gejala dan keparahan yang muncul.

Comments

  1. Achi-Ti and titanium wok - Titanium-Arts
    › hak-tit-tit-t › hak-tit-tit-t titanium fat bike Titanium-Arts › hak-tit-tit-t Titanium-Arts - Achi-Ti & Titanium pure titanium earrings - Titanium Art. T.A.T. - Achi-Ti ford escape titanium is a high performance and high-quality art. The artwork was created by the creative team at the T-Arc and  Rating: 4.8 schick quattro titanium 18 t fal titanium votes

    ReplyDelete

Post a Comment