Berbagai Makanan yang Mengandung Asam Folat

Makanan yang mengandung asam folat dinilai memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, tidak hanya untuk bagian tertentu saja. Bukan saja untuk menjaga kesehatan, tetapi asam folat juga bisa membantu dalam proses penyembuhan berbagai jenis penyakit. Untuk ibu hamil pun makanan yang mengandung asam folat sangat penting untuk perkembangan janinnya supaya tumbuh normal dan tidak mengalami kecacatan.

Asam folat adalah sejenis vitamin B yang larut dalam air. Manfaat asam folat yang utama adalah untuk kelancaran metabolisme dan perkembangan sel tubuh. Secara lebih dalam manfaat asam folat ini akan kita bahas di halaman 2 dari artikel ini. Seperti jenis vitamin lainnya, asam folat juga mudah rusak jika terkena suhu terlalu panas, oleh karena ketika mengolah atau memasak jenis-jenis bahan makanan yg mengandung asam folat sebaiknya tidak terlalu lama memasaknya dalam suhu tinggi.

Ragam Jenis Makanan Yang Mengandung Asam Folat Tinggi

makanan yang mengandung dha
Asam folat, atau lebih tepatnya hanya folat, karena masih dalam bentuk alami, bisa ditemukan dengan mudah pada berbagai macam buah dan sayuran. Kacang-kacangan adalah salah satu sumber asam folat yang utama. Berikut selengkapnya.
  1. Kacang-Kacangan
Asam folat atau vitamin B9 banyak terdapat pada jenis kacang-kacangan. Bukan hanya asam folat, tetapi beberapa jenis kacang-kacangan juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya, seperti kalsium, protein dan juga vitamin D yang tak kalah pentingnya untuk kesehatan tubuh Anda. Dengan mengonsumi satu cangkir kacang, Anda akan mendapatkan asupan sekitar 180 mikrogram folat. Jumlah tersebut sudah mencakup hampir setengah dari jumlah asam folat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Kacang-kacangan yang mengandung asam folat adalah semua jenis kacang-kacangan, sejenis kacang merah, kacang hijau (beans) dan juga kacang tanah (peanuts).
  1. Buah-Buahan
Sumber utama vitamin secara alami adalah buah-buahan, dan asam folat adalah salah satu jenis vitamin. Buah yang mengandung asam folat contohnya melon, pisang, mangga, alpukat, dan keluarga citrus, yaitu segala macam jeruk. Kandungan vitamin C dan folat yang ada pada jenis buah-buahan tersebut dinilai sangat bermanfaat untuk bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh. Jeruk, pisang, dan alpukat adalah sumber asam folat untuk ibu hamil, sehingga buah ini bagus untuk ibu hamil.
  1. Sayuran
Makanan yang mengandung asam folat selanjutnya adalah jenis sayuran berdaun hijau, terutama berwarna hijau gelap. Contoh sayuran ini adalah brokoli, asparagus, selada, kubis, sawi, dan bayam. Berbagai jenis sayuran ini termasuk mudah didapatkan. Selain kaya asam folat, sayuran juga kaya berbagai nutrisi lain. Sedangkan untuk ibu hamil yang paling bagus adalah bayam, brokoli, dan asparagus karena juga mengandung nutrisi lain yang cocok untuk kehamilan.
  1. Hati Hewan
Mungkin jenis makanan yang mengandung asam folat ini lebih sering dihindari oleh orang-orang yang sedang diet atau sedang menjaga kesehatan karena cukup banyak mengandung lemak dan kolesterol. Akan tetapi jangan pandang hati hewan dari sisi buruknya saja, karena ternyata ada keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi hati hewan. Hati hewan mengandung asam folat yang cukup banyak sama seperti beberapa jenis makanan yang tadi sudah dibahas. Akan tetapi bagi ibu hamil, meskipun termasuk makanan yang mengandung asam folat dan dha, sebaiknya hindari mengonsumsi hati hewan.


  1. Biji Bunga Matahari
Mungkin yang pertama muncul di benak Anda adalah kuwaci. Namun bukan itu, ternyata biji bunga matahari yang juga sering ditambahkan dalam sereal ini adalah salah satu makanan yg mengandung asam folat dan mineral penting lainnya. Dalam satu ons biji bunga matahari yang sudah dikupas mengandung kurang lebih 82 mcg asam folat yang tentu saja sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berbagai Manfaat Asam Folat Yang Penting untuk Tubuh

makanan sumber asam folat

Setelah membahas berbagai makanan yang mengandung asam folat, kita akan membahas manfaat atau fungsi asam folat. Seperti yang di awal telah ditulis, secara garis besar asam folat memperlancar metabolisme dan perkembangan sel. Secara mendetail, manfaat asam folat adalah dapat mengurangi kemungkinan terjadi kanker karena sel tumbuh dengan normal karena tubuh butuh folat untuk mensintesa DNA dan memperbaiki DNA. Kanker umumnya disebabkan DNA sel yang mengalami kerusakan.
Manfaat asam folat lainnya adalah untuk meningkatkan kesuburan atau fertilitas, baik itu untuk pria maupun wanita. Tubuh butuh folat dalam jumlah tertentu untuk menjaga kesuburannya. Manfaat penting lainnya adalah asam folat mengurangi resiko stroke. Mengonsumsi folat atau asam folat secara teratur sekitar 5mg per hari sangat membantu untuk mencegah stroke.
Tidak kalah pentingnya adalah fungsi asam folat untuk ibu hamil. Jenis vitamin ini sangat membantu pertumbuhan sel yang cepat, atau seperti yang terjadi pada pertumbuhan janin. Kekurangan folat saat kehamilan dapat membuat kesehatan ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya rentan terganggu. Pada ibu hamil, asam folat dapat mencegah janin dari risiko preeclampsia dan juga lahir prematur dan juga mampu membantu mengurangi risiko cacat lahir sekitar 50-70 persen. Karena itulah ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai makanan yg mengandung asam folat.
Kecacatan pada bayi karena kekurangan asam folat diantaranya adalah bibir sumbing, kelainan jantung bawaan, bisa juga mengakibatkan autisme. Berbagai kecacatan fisik lainnya juga mungkin terjadi karena kekurangan asam folat ini. Saat sel embrio / janin membelah dengan cepat, dibutuhkan banyak folat atau asam folat untuk mengatur DNA nya.
Fungsi asam folat lainnya (pada orang normal) adalah mencegah alzheimer, depresi juga dipengaruhi salah satunya oleh karena kekurangan asam folat. Masalah kesehatan lain yang dapat timbul diantaranya adalah anemia.
Pada orang normal, biasanya kekurangan asam folat akan terjadi pada seseorang yang memiliki masalah pencernaan, gangguan ginjal dan liver atau bagi mereka para pencandu alkohol. Pada orang yang mengalami hal ini dibutuhkan asupan makanan yg mengandung asam folat yang lebih banyak karena penyerapan oleh tubuh tidak maksimal.

Efek Negatif Mengonsumsi Asam Folat Secara Berlebihan

Meskipun sangat baik untuk kesehatan dan banyak sekali manfaatnya untuk pencegahan dan mengatasi berbagai jenis penyakit, akan tetapi ternyata mengonsumsi asam folat juga bisa menimbulkan efek atau dampak negatif. Mengapa bisa demikian? Mungkin karena beranggapan bahwa asam folat banyak manfaatnya, ada orang yang terlalu berlebihan mengonsumsi asam folat.
Zat asam folat adalah zat yang larut dalam air, dan jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, Anda bisa berisiko mengalami efek seperti mual, perut kembung, gas, dan insomnia. Oleh karena itu konsumsilah jenis makanan sumber asam folat secukupnya saja agar Anda mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan.
Sekian artikel yang membahas tentang makanan yang mengandung asam folat dan hal-hal yang berkaitan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Comments

Post a Comment