Treatment Untuk Bayi yang Mengalami Demam

Apakah si kecil pernah mengalami demam ketika bayi? Apakah Anda sudah menemukan cara yang jitu untuk menurunkan demamnya? Nah, beberapa orangtua muda mungkin memang harus belajar untuk menghadapi hal ini karena demam adalah salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh bayi.

Dan ternyata, cara memberikan treatment untuk bayi yang baru saja lahir akan berbeda dengan treatment untuk bayi yang sudah berusia beberapa bulan lebih tua. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk intip ulasannya.

Treatment untuk Bayi yang Baru Lahir
Untuk bayi yang baru saja berumur di bawah satu bulan, sebaiknya Anda tidak memberikan obat demam apapun di luar obat yang diresepkan oleh dokter. Oleh karena itulah, Anda sebaiknya segera membawanya ke dokter kalau suhu tubuhnya mulai meninggi. Dokter mungkin akan merekomendasikan acetaminophen untuk si buah hati Anda tercinta dan dosis yang tepat untuknya. Oleh karena itulah, kita tidak bisa memberikan acetaminophen ini sembarangan karena kita tidak tahu dosis yang tepat untuk demam yang dialami oleh baby.

Untuk selanjutnya, Anda bisa tetap memberikan ASI seperti biasanya. Namun, kalau si kecil menunjukkan beberapa tanda dehidrasi, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter. Beberapa tanda dehidrasi ini diantaranya mulutnya mulai kering, mata yang cekung dan mengeluarkan sedikit air mata, kulit yang kering, dan juga buang air kecil kurang dari 6 kali sehari.

Kalau si baby yang baru saja lahir mengalami demam yang disebabkan oleh infeksi, maka harus lebih diperhatikan lagi. Karena sistem imunnya yang belum bekerja dengan baik, maka baby yang baru saja lahir bisa sakit dengan sangat cepat. Namun, berita baiknya adalah, mereka juga akan merespon dengan sangat baik treatment yang diberikan dengan tepat waktu. Nah, oleh karena itulah kita harus sesegera mungkin membawa si kecil ke dokter kalau suhu tubuhnya mulai meninggi.
Treatment Untuk Bayi yang Berusia Beberapa Bulan

Sebagian kasus demam disebabkan oleh virus dan akan sembuh dengan sendirinya tanpa treatment apapun. Oleh karena itulah, banyak dokter yang menyarankan untuk tidak menurunkan demam dengan menggunakan treatment untuk bayi yang berumur 6 bulan, kecuali kalau memang demamnya lebih dari 38.5°C atau 101.5°F. Juga, kalau baby mengalami nyeri yang berasal dari demam ini, maka dokter akan memberikan acetaminophen untuk mengurangi rasa sakit yang ada.

Lain halnya kalau demam ini disebabkan oleh infeksi bakteri, antibiotik harus diberikan sebagai treatment-nya. Antibiotik ini berfungsi memerangi bakteri untuk menurunkan demam yang ada. Namun juga, terkadang acetaminophen dan antibiotik ini digunakan secara bersama-sama untuk menurunkan demam yang ada.

Comments