Pilah Pilih Makanan Pada Anak

Usia 6 bulan merupakan tahap awal si kecil mengenal makanan pendamping ASI seperti buah, bubur ataupun nasi tim yang pelan-pelan berangsur ke makanan yang lebih padat sesuai pertumbuhan usia mereka. Pada tahap ini, orangtua di tuntut untuk memperhatikan menu makanan anak serta mengenalkan pola makan sehingga menjadi kebiasaan baik untuk anak karena pola yang benar tentu akan memberikan manfaat baik untuk anak.

 Beberapa tanda seperti anak yang suka mengonsumsi 1 atau 2 jenis makanan saja, tidak suka sayuran, mengemut makanan sangat lama di dalam mulutnya merupakan tanda kurang baik dan ini dapat segera di atasi agar tidak terus berlanjut terus menerus.

Pilah pilih makanan pada anak tentu tidak di senangi orangtua karena mereka khawatir gizi yang di butuhkan anak tidak terpenuhi dengan sempurna, selain itu ada beberapa resiko lain yang bisa terjadi pada anak yang suka pilah pilih makanan seperti anak akan mudah terserang penyakit, berat badan anak tidak bertambah atau pertumbuhan anak lambat dibandingkan anak lain yang se-usia serta anak terlihat kurang ceria karena energy yang di butuhkan anak tidak terpenuhi.
Berikut beberapa tips untuk anak yang suka pilah pilih makanan :
  1. Kenalkan anak dengan beberapa jenis makanan dalam waktu 2-4 hari, misalnya anda ingin mengenalkan anak dengan bubur, buah dan biskuit dalam menu hariannya, berikan ini dengan jadwal dan menu yang tetap setiap harinya. Selain mengenalkan anak pada makanan juga bisa sebagai penentu apakah anak alergi terhadap jenis makanan ini atau tidak.
  2. Jika step pertama berhasil, lanjutkan dengan mengenalkan jenis makanan lain dengan sajian menarik agar anak tidak jenuh. Mengenalkan jenis makanan pada anak sangat memerlukan kesabaran oragtua untuk itu jangan paksakan anak saat mereka tidak ingin mencoba makanan tetapi ibu dapat memberi contoh dengan mengonsumsi makanan tersebut sehingga anak menjadi tertarik dan ingin mencobanya.
  3. Jika anak sudah usia batita, orangtua dapat melibatkan anak dalam penentuan jenis makanan yang ingin mereka konsumsi. Libatkan anak dalam proses persiapan makanan sampai proses memasak sehingga anak menjadi lebih bersemangat saat makan.
  4. Anak biasanya kurang menyukai sayuran dan beberapa jenis buah-buahan, siasati hal ini dengan mencampurkannya ke makanan kesukaan anak, misalnya pudding buah dan sayuran yang  dihaluskan, nugget sayuran dan lain-lain
  5. Biarkan anak makan sendiri dengan tangan/sendok dan jangan marahi anak saat beberapa makanan mereka berserakan. Berikan porsi makan yang sedikit berlebih untuk antisipasi makanan yang berserakan ini
  6. Tidak ada salahnya memberikan pujian pada anak saat mereka telah melahap seluruh makanannya.
Semoga tips ini membantu.

Comments