Mengetahui Obat Diare Ibu Hamil

Obat diare Ibu hamil penting diketahui oleh seorang Ibu hamil maupun orang yang merawat Ibu hamil. Diare termasuk salah satu penyakit yang menjadi keluhan Ibu hamil. Seperti yang sering kita dengar, Ibu hamil harus hati-hati dalam memilih ataupun mengkonsumsi obat. Hal tersebut dapat menimbulkan pengaruh negatif pada janin dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya di perut Ibu.
Janin memiliki tingkat sensitive yang tinggi ketika berada di perut Ibu. Ia membutuhkan nutrisi yang sehat dan gizi seimbang untuk tumbuh dan berkembang dari minggu ke minggu. Ketika sang Ibu salah dalam mengkonsumsi makanan, minuman bahkan obat, maka janin akan mengalami gangguan karena sensitifnya tersebut.

Jenis Diare yang Sering dialami Ibu Hamil

Kehamilan terbagi dalam tiga semester, mulai dari trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga. Masing-masing trimester memiliki karakteristik sendiri. Perjalanan tumbuh dan berkembangnya janin dalam perut Ibu juga makin terasa. Ketika Ibu hamil mengalami beragam keluhan, mulai dari perubahan emosi, mual hingga diare, semuanya membutuhkan perawatan bahkan pengobatan secara khusus.
Diare meliputi dua macam yaitu diare biasa atau non spesifik serta diare karena adanya infeksi bakteri. Diare yang dialami Ibu hamil biasanya diare biasa atau non spesifik. Diare tersebut biasanya terjadi pada Ibu hamil karena pola makan yang berbeda dari sebelum hamil. Apalagi jika Ibu hamil tersebut mengalami masa ngidam. Tentunya hal tersebut harus diwaspadai sejak dini. Oleh karena itu, biasanya obat diare Ibu hamil memiliki pengkhususan cara memakainya ataupun hal lain.

Macam-macam Obat Diare

Obat diare banyak jenisnya, tapi untuk Ibu hamil harus dipilih dengan tepat obat diare untuk Ibu hamil. Obat diare yang dapat dikonsumsi menyembuhkan ataupun mencegah diare, antara lain:
  1. Obat diare tidak aman, biasanya obat ini menimbulkan efek samping bagi janin ataupun Ibu hamil. Obatnya berupa anti-diare yang keras. Obat tersebut dapat mengakibatkan pernapasan janin terganggu, misalnya kaolin.
  2. Obat diare yang aman bagi Ibu hamil, Obat ini tidak menimbulkan efek samping bagi Ibu hamil maupun janinnya. Obat diare Ibu hamil yang aman ini berupa bubuk garam oralit.
Jika diare masih belum sembuh dengan upaya pengobatan yang dilakukan, maka konsultasi dengan dokter ahlinya akan lebih baik.

Comments