Kiat Tumbuhkan Kesadaran Puasa pada Anak

MENANAMKAN nilai-nilai agama memang sebaiknya dilakukan sejak dini. Pasalnya, hal ini akan menuntun anak menjadi manusia berbudi ketika dewasa. Salah satu kewajiban yang bisa diajarkan orangtua pada Ramadan yakni dengan kewajiban berpuasa.
 
Psikolog Oriza Sativa menuturkan, orangtua tidak perlu khawatir memberikan reward untuk memancing anak agar berpuasa. Pemberian hadiah merupakan salah satu motivasi ekstrinsik (motivasi dari luar) yang efektif bagi anak-anak.
 
Meski demikian, agar anak tidak terbiasa berpuasa demi mengharapkan imbalan, orangtua perlu juga menumbuhkan motivasi intrinsik (motivasi dari dalam diri anak).
 
“Sejalan dengan memberikan reward, orangtua harus bisa mengembangkan motivasi intrinsik melalui pemahaman-pemahaman agama,” ujar Oriza.
 
Pemahaman agama inilah yang diharapkan mendorong anak untuk beribadah sesuai keinginan dan kesadaran sendiri. Pemahaman agama juga menimbulkan perasaan bersalah ketika anak melewatkan kewajiban beribadah.
 
“Misalnya, dengan memberikan pengertian ‘puasa itu penting supaya kamu bisa merasakan penderitaan orang-orang yang kelaparan,” jelasnya lagi.

Comments