Jika Rambut si Kecil Rontok

Bagaimanakah perkembangan rambut si kecil? Apakah sudah tumbuh dengan sehat? Tentunya semua ibu menginginkan rambut si anak tumbuh dengan baik ya, Moms. Nah, bagaimana kalau ternyata rambutnya malah mengalami kerontokan? Wajarkah kalau mereka mengalami hal ini? Yuk simak ulasannya yang lebih lengkap.

Baby Mengalami Kerontokan Rambut. Apakah Ini Normal?
Ternyata dikatakan kalau hal ini sangat wajar terjadi pada baby di beberapa bulan pertamanya. Dan hal ini sangat dipengaruhi oleh faktor hormon. Jadi, sebelum lahir, baby memiliki hormon yang jumlahnya tinggi dari Anda. Nah, setelah dia lahir, level hormon ini mulai menurun. Hal inilah yang akan menyebabkan rambut si baby tidak tumbuh lagi.

Karena tidak ada lagi supply hormon dari Anda, maka rambut ini akan rontok ketika memasuki siklus pertumbuhan yang baru, seiring rambut yang baru tumbuh dari dalam dan menggeser posisi rambut yang lama. Mungkin pada awal pertumbuhannya, rambut si kecil akan nampak tidak sempurna, namun tenang saja ya Moms, rambutnya nanti pasti akan tumbuh lebih kuat.
Buah hati Anda mungkin juga akan memiliki spot kulit kepala yang tidak ditumbuhi rambut karena tidur dengan posisi yang sama terus menerus. Namun, ketika si kecil sudah mulai tengkurap atau duduk nanti, spot ini akan segera ditumbuhi rambut. So, jangan terlalu khawatir ya. Terkadang, rambut yang baru ini nantinya akan muncul dengan warna dan tekstur yang berbeda.

Apa yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mencegah Rambut yang Rontok?
Untuk pertanyaan yang satu ini, ternyata memang tidak ada treatment khusus untuk mencegah rontoknya rambut si kecil, kecuali menunggunya sampai rambut tumbuh kembali.

Apakah Rambut Rontok ini Tanda Adanya Masalah yang Lain?
Rambut yang rontok ini terjadi saat baby berusia 6 bulan. Namun, kalau kerontokan rambut ini tetap terjadi setelah usia 6 bulan, Anda perlu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Karena mungkin ini adalah tanda dari masalah nutrisi, seperti kekurangan zat besi atau masalah kesehatan lainnya.
Bagaimana Seandainya si Kecil Benar-benar Nampak Botak?

Untuk saat ini, Anda sebaiknya membuat jadwal yang rutin untuk mencuci rambut si kecil. Meskipun banyak baby yang akan tetap nampak botak sampai berumur satu tahunan, Anda akan bisa melihat kalau di kulit kepalanya sudah ada rambut dengan warna yang sangat terang dan lembut. Yang terpenting, kulit kepalanya sehat dan memberikan ruang untuk rambut yang baru untuk tumbuh dengan baik ya.

Comments