Ibu Hamil Harus Mendapatkan Asupan DHA

Mengingat pentingnya DHA (docosahexaenoic acid) bagi perkembangan otak dan tingkat kecerdasan anak. Asupan DHA pun tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak saja, bahkan ibu hamil juga memerlukan asupan nutrisi ber DHA.

Dr. Eddy Fadlyana SpA(K), M.Kes, Ketua Unit Kerja Tumbuh Kembang Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), mengatakan, “Dengan mengkonsumsi nutrisi yang ber DHA, maka ibu hamil telah mempersiapkan kecerdasan anak lebih dini. Sebab untuk meningkatkan kecerdasan anak, tidak mesti menunggu hingga anak lahir. Melainkan dapat dipersiapkan sejak janin masih didalam kandungan.”
DHA berperan sebagai pendukung dalam perkembangan otak dan kecerdasan anak. Dan merupakan salah satu komponen nutrisi yang sangat dibutuhkan otak. Yakni sebagai transmitter atau sambungan otak. Untuk bisa mengirimkan impuls-impuls, yang berkaitan dengan sel-sel otak. Hubungan antar sel otak dengan impuls inilah menjadikan kinerja otak lebih optimal.

Oleh karena itulah, pemenuhan DHA bagi anak, sejak masih janin menjadi sangat penting. Sebab, lanjut Eddy, dapat membantu pembentukan sel-sel otaknya, ketika masih didalam rahim ibu. Nantinya perkembangan otak anak yang sudah mendapatkan asupan DHA sejak masih menjadi janin dalam kandungan, akan lebih bagus. Dari pada yang belum mendapatkan asupan DHA ketika ibu sedang hamil.

Namun pola makan sebagian ibu hamil di Indonesia yang tidak seimbang dan rendah protein dirasa Eddy mengkhawatirkan. Menurutnya, banyak makanan lokal di daerah yang hanya mengandalkan karbohidrat saja dari pada gizi seimbang. Misalnya saja selain karbohidrat, juga harus mengandung protein, serat, mineral, serta kecukupan cairan.

Sementara untuk mendapatkan asupan DHA, ibu hamil harus mendapatkan makanan yang mengandung protein. Dikarenakan didalam jenis makanan tersebut, terdapat kandungan DHA. Seperti yang terdapat dalam ikan dan algae, yang memang merupakan sumber DHA tinggi.
“Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein hewani. Seperti telur, ikan, dan lain sebagainya, karena terdapat kandungan DHA didalamnya,” tutup Eddy.

Comments