Hindarkan Buah Hati Kita dari Beberapa Obat Ini

Ibu mana sih yang tidak akan panik kalau melihat anaknya sedang sakit? Kita pasti akan melakukan apapun yang kita bisa untuk membuatnya ceria kembali seperti biasanya ya.
Nah, dalam memberikan obat pun kita tidak boleh sembarangan. Apapun obat yang kita berikan harusnya berdasarkan resep dokter, dan bukan berdasarkan insting kita saja. Nah, berikut ini adalah beberapa obat yang seharusnya tidak kita berikan kepada buah hati kita.

Obat dalam Bentuk Tablet
Obat yang tersedia dalam bentuk tablet ternyata berbahaya untuk baby kita lho. Untuk itu, pastikan kepada dokter Anda apakah aman kalau seandainya si baby mengkonsumsi obat yang tersedia dalam bentuk tablet, dan Anda menaruhnya di dalam sebuah sendok dan diberi sedikit air sedikit. Kalau cara ini boleh dilakukan, pastikan kalau anak Anda sudah meminum semua obat yang ada di sendok, sehingga jumlahnya akan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Obat yang Sudah Kadaluarsa
Segera singkirkan obat-obatan yang sudah melampaui batas konsumsi. Atau juga semua obat-obatan yang warnanya atau wujudnya tidak sama dengan ketika pertama kali Anda membelinya. Karena pada dasarnya, obat-obatan yang sudah mengalami perubahan warna sudah tidak lagi layak untuk dikonsumsi. Obat yang seperti ini harus segera dibuang karena tidak lagi efektif untuk menyembuhkan penyakit, dan yang lebih parah, akan membahayakan kesehatan baby Anda.
Secara umum, sebaiknya kita tidak membuang obat-obatan yang sudah kadaluarsa ini di toilet, karena akan mengkontaminasi air tanah yang juga akan mempengaruhi kandungan air minum kita nantinya. Namun, beberapa obat ini ada yang sangat berbahaya untuk anak-anak, sehingga U.S. Food and Drug Administration menyarankan untuk membuangnya saja di toilet daripada di tempat sampah.

Beberapa obat dalam label kemasannya ada yang menyarankan penggunanya apa yang harusnya dilakukan kalau obatnya sudah expired. Jadi, baca baik-baik petunjuk yang ada. Kalau Anda tidak yakin, tanyakan kepada apoteker apa yang harusnya dilakukan, terutama kalau misalnya komunitas Anda memiliki program pengumpulan obat-obatan yang sudah kadaluarsa.

Extra Acetaminophen
Beberapa obat mengandung acetaminophen untuk membantu menurunkan demam dan mengurangi rasa sakit yang ada. Jadi, sebaiknya kita tidak memberikan tambahan obat yang juga mengandung acetaminophen kalau baby Anda sudah mengkonsumsi obat yang mengandung acetaminophen. Kalau Anda tidak yakin dengan kandungan di dalam satu obat, Anda sebaiknya jangan memberikan obat apapun sampai dokter Anda mengijinkan.
Jadi, hindari beberapa kandungan obat ini ya, Ladies. Yang terpenting, selalu konsultasikan obat yang akan Anda berikan kepada dokter ya. Semoga bermanfaat.

Comments