Bantu si Kecil Agar Bisa Tidur Nyenyak

Sudah menjadi rutinitas kita setiap hari ya Moms, untuk menidurkan si kecil. Gampang-gampang susah memang untuk menidurkannya. So, kita harus punya strategi smart sendiri ya. Apakah Anda memiliki strategi yang jitu untuk menidurkan si buah hati tercinta?

Karena setiap anak spesial, maka treatment yang dibutuhkan untuk menidurkan mereka pun juga berbeda antara satu dengan yang lainnya. Beberapa cara yang dilangsir oleh laman whattoexpect.com berikut mungkin bisa membantu Anda.

Perhatikan Suara di Sekelilingnya
Apakah kita harus menciptakan suasana yang benar-benar hening ketika si kecil akan tidur? Nyatanya, tidak selalu demikian ya. ini karena bayi yang baru saja lahir sudah terbiasa dengan suara yang ada di dalam kandungan dan juga detak jantung Anda. Oleh karena itulah, mungkin dia sudah sangat terbiasa dengan suara ini ketika dia tidur.

Alunan musik yang lembut mungkin bisa Anda gunakan untuk menidurkan si kecil. Atau bahkan, dikatakan bahwa Anda bisa menggunakan suara yang lembut dari mesin, misalnya dari hairdryer untuk menirukan suara yang ada di dalam kandungan.
Namun yang jelas, sebelum kita mengeset volume tertentu, pertimbangkan dulu tingkat temperamen si baby. Beberapa bayi memang sangat sensitif dengan suara yang ada di sekelilingnya. Ada yang meskipun dengan suara hentakan kaki saja mereka bisa terbangun. Ada yang meskipun ada suara TV atau radio yang lumayan keras pun dia tetap tidur nyenyak.

Kalau memang si kecil sangat sensitif dengan suara, maka rendahkan semua volume yang ada ya Moms, mulai dari dering telepon genggam, suara radio dan TV, atau bahkan meminimalisir suara vacuum cleaner yang Anda gunakan.

Atur Suhu Ruangan
Sebaiknya suhu ruangan ini tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Suhu ruangan yang terlalu panas akan membuat baby berkeringat dan akhirnya susah tidur. Sebaliknya, suhu yang terlalu dingin akan membuatnya kedinginan dan akan terbangun dengan mudah ketika merasa tidak nyaman.
Nah, untuk memastikan apakah suhu yang ada sudah pas untuk si kecil, sentuhlah lehernya. Kalau dia berkeringat, maka suhu ruangan terlalu panas untuknya. Kalau lehernya terasa dingin, maka berikan selimut.

Redupkan Lampu
Walaupun mungkin ada beberapa bayi yang bisa tidur nyenyak dengan lampu yang terang, lebih baik Anda menggunakan lampu yang redup saja. Dengan begitu, si kecil juga akan belajar untuk tidur di jam-jam tidur malam dan tidur siang dengan lampu yang diredupkan ini. Semakin cepat mereka belajar mengenai sinyal cahaya yang redup ini, semakin cepat mereka tidur di malam hari.

Comments