Nutrisi Balita



Kebutuhan nutrisi balita tetap merupakan prioritas utama meskipun balita tidak bertumbuh sepesat saat masa bayi Di masa ini, nutrisi balita memegang peranan penting dalam perkembangan seorang anak. Masa balita adalah masa transisi, terutama di usia 1-2 tahun, pemenuhan nutrisi balita akan mulai dengan makan makanan padat, menerima rasa dan tekstur makanan yang baru. Oleh karena itu, dibutuhkan asupan nutrisi balita dari berbagai sumber dan makanan.
Tergantung dari usia, besar tubuh dan tingkat aktivitas mereka, balita biasanya membutuhkan sekitar 1000 – 1400 kalori per-hari. Di bawah ini adalah tabel untuk mengukur secara rata-rata jumlah nutrisi balita yang dibutuhkan per-harinya. Anda harus ingat bahwa kebutuhan nutrisi balita bagi setiap anak berbeda dan jangan khawatir jika Anda tidak selalu persis mengikuti tabel ini setiap hari. Yang penting Anda terus berusaha untuk memberikan variasi nutrisi balita yang tepat setiap hari di tiap makanannya.
Tabel dibawah ini berdasarkan Piramida Panduan Makanan untuk memenuhi nutrisi balita usia 2 – 3 tahun.

Kelompok Makanan
Jumlah per Hari untuk nutrisi balita usia 2 tahun
Jumlah per Hari untuk nutrisi balita usia 3 tahun
Cara Menyajikan dan contoh Makanan
Biji Padi-padian
3 ons (85gram)
4-5 ons (110-140gram)
1 ons sama dengan 1 potong roti, 1 gelas takar sereal siap saji, atau 1/2 gelas takar nasi atau pasta matang.
Sayuran
1 gelas takar
1,5 gelas takar
Gunakan gelas takar untuk memastikan jumlahnya. Sajikan sayuran yang halus, dipotong sampai kecil dan dimasak sampai matang untuk mencegah anak tersedak.
Buah-buahan
1 gelas takar
1,5 gelas takar
Gunakan gelas takar untuk memastikan jumlahnya. Pisang sepanjang 20-23cm sama dengan 1 gelas takar.
Susu
2 gelas (400ml)
2 gelas (400ml)
1 gelas sama dengan: 1 gelas susu atau yogurt, 1 1/2 ons (45gram) keju alami, atau 2 ons (60gram) keju yang sudah diproses.
Daging dan Kacang-kacangan
2 ons (65gram)
3-4 ons (85-115gram)
1 ons sama dengan: 1 ons (30gram) daging ayam atau ikan, 1/4 gelas takar kacang-kacangan matang atau 1 butir telur.


Nutrisi balita juga dapat dilengkapi dengan asupan 500 miligram kalsium per hari. Jumlah nutrisi balita ini mudah untuk dipenuhi jika anak Anda mendapatkan sedikitnya dua gelas susu per hari. Kalsium adalah bagian penting dari kebutuhan nutrisi balita dan susu menyediakan kalsium dan Vitamin D untuk membangun tulang yang kuat. Kelengkapan nutrisi balita juga membutuhkan 7 miligram zat besi tiao harinya. Kebutuhan nutrisi balita ini bisa didapat dari makanan kaya zat besi seperti daging, ayam, ikan, nasi, kacang-kacangan, tahu dan juga makanan yang kaya Vitamin C seperti tomat, brokoli, jeruk dan strawberi yang meningkatkan serapan zat besi di dalam tubuh.
Frisian Flag 123 dan 456 mempunyai semua kandungan nutrisi balita penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan optimal balita Anda. Selain itu, Frisian Flag 123 dan 456 juga dilengkapi dengan nutrisi kunci pembuka potensi anak: Tyrosine + Tryptophan, Sphingomyelin, DHA, AA dan SA, dan tentunya kalsium, zat besi, zinc dan berbagai macam vitamin lainnya untuk memastikan anak Anda mendapatkan nutrisi balita yang lengkap dan seimbang untuk pertumbuhannya.

Comments